Kamis, 18 Oktober 2012

PENGERTIAN PEMASARAN

PENGERTIAN PEMASARAN

     pengertian pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Pengertian pemasaran sebenarnya lebih jaug dari kegiatan penjualan. Bahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran.
     Tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan.
     Secara umum pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalin bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
1. Pemasar
2. Barang dan jasa
3. Pasar
4. Proses pertukaran

LINGKUP PENGERTIAN PEMASARAN

Pemasaran Mikro Eksternal
      Lingkp pemasaran pada pengertian di atas melibatkan antara kepentingan internal pemsar dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan. Pengertian pemasaran yang melibatkan lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal dapat dikelompokkan sebagai pengertian pemasaran mikro-eksternal atau sering disebut sebagai pemasaran eksternal.

Pemasaran Mikro-Internal
     Untuk mencapai tujuan organisasi pada lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal (pemidal, pelaksana, pengelola) sangat diperlukan. Mereka mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang juga perlu dipenuhi. Perusahaan perlu memenuhi kebutuhan mereka agar tujuan organisasi dapat terpenuhi.

Pemasaran Makro Eksternal
     Pemasaran perusahaan-perusahan dalam skala makro dengan kapasitasnya sbagai satuan produsen berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat. tersebut. Masyarakat sebagai pihak eksternal merupakan sasaran pemasaran produsen dalam lingkup makro. Kualitas kehidupan secara makro yang lebih baik dapat diciptakan dan tersebar dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar