Kamis, 14 Agustus 2014

Perkembangan Bisnis Online Di Indonesia



Melihat Potensi Toko Online Di Indonesia Dengan Perkembangan Internet Yang Ada
Pertumbuhan bisnis di Indonesia terutama bisnis online Indonesia semakin membumi, perkembangan yang pesat ini dikarenakan semakin mudahnya cara akses internet bagi masyarakat akhir-akhir ini. Meningkatnya jumlah pengguna ini diawali sejak tahun 2012 lalu dan inilah yang menjadi salah satu cikal bakal dari menjamurnya bisnis online.
Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada akhir tahun 2013 jumlah pengguna internet mencapai angka 71,9 juta orang di Indonesia. Angka itu naik sekitar 13% dibanding tahun 2012, yang mana pada tahun itu pengguna internet hanya sekitar 63 juta pengguna saja.
Jika melihat pertumbuhan angka pengguna internet tersebut, dapat diprediksikan para pengguna internet di Indonesia akan terus bertambah hingga mencapai sekitar 30% dari total jumlah penduduk Indonesia, atau dapat dikatakan akan ada 82 juta penduduk Indonesia yang menjadi pengguna internet.
Dengan melihat perkembangan tersebut banyak yang melihat peluang dari perkembangan internet untuk berbisnis. Dari data yang ada sekitar 77,81 % penggunaan internet dilakukan untuk mencari informasi barang yang mereka butuhkan atau inginkan hal ini jauh lebih besar dibanding untuk mengakses internet yang hanya sekitar 61,23%.
Melihat perkembangan tersebut juga Indonesia menjadi sasaran para pengembang bisnis online dunia. Hal tersebut terjadi dikarenakan Indonesia merupakan negara yang intensitas jual-beli secara online sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan toko online terbesar di dunia dengan rata-rata pertumbuhannya mencapai 17%.
Pola hidup masyarakat Indonesia yang berubah serta meningkatnya angka pendapatan perkapita yang diperkirakan sekitar 3.000 USD setiap bulan, menjadi alasan untuk berkembangnya aktivitas jual beli online. Semakin banyaknya masyarakat yang berpenghasilan 3-5 juta perbulannya tersebut membuat semakin banyaknya kalangan menengah yang memiliki daya beli yang cukup tinggi di aktivitas online.
Melihat pertumbuhan pasar online yang besar ini, tidak mustahil bila tahun-tahun kedepannya pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, sesuai dengan target yang telah ditentukan pada tahun 2014 ini jumlah pengguna internet di Indonesia diharapkan bisa  mencapai 107 juta jiwa.
Melihat hal tersebut potensi berbisnis online akan semakin besar karena semakin banyak masyarakat yang tidak mau ribet untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Jadi mari buat bisnis online kita sendiri, apalagi ada platform toko online yang mudah digunakan seperti www.webpraktis.com
Sumber : http://www.kaskus.co.id/post/53210c560d8b467f218b46e0#post53210c560d8b467f218b46e0 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar